Upacara Peringatan HUT RI Ke-78 MAN 8 Jakarta Timur

SHARE

Tujuh puluh delapan tahun lalu, tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945, merupakan titik awal negara Indonesia terlepas dari penjajahan bangsa Eropa. Berbagai perjuangan telah di lakukan mulai perjuangan bersifat kedaerahan yang terbagi di beberapa wilayah di Indonesia, sampai pergerakan nasional dengan skala yang lebih luas dan golongan terpelajar menjadi motor penggerak rasa nasionalisme.

Hari ini, 17 Agustus 2023 tepat negara Indonesia merayakan hari kemerdekaan yang ke 78 tahun. Di wilayah Indonesia bagian manapun melakukan kegiatan untuk merayakan hari kemerdekaan ini, mulai dari upacara bendera sebagai bentuk penghormatan kepada para pejuang kemerdekaan sampai dengan di adakan lomba sebagai bentuk semangat juang.

Kegiatan upacara bendera pun juga di lakukan di Man 8 Jakarta Timur sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan dan pejuang yang telah mengorbankan segalanya bagi terwujudnya kemerdakaan Indonesia. Upacara dilakukan dengan hikmat dengan di Pimpin oleh Kepala Madrasah Dr. H. Makhrus, M.Pd. I selaku pembina upacara dan Ruzain kelas XII IPA 2 selaku inspektur upacara. Dalam pidatonya Kepala Madrasah Dr. H. Makhrus, M.Pd. I mengatakan bahwa perjuangan bangsa Indonesia masih sangat panjang, perjuangan kali ini bukan dalam bentuk perang fisik, namun perjuangan kali ini adalah membentuk pejuang akademik yang berkarakter nasionalis dan berakhlakul karimah, diharapkan para peserta didik nantinya dapat mengembangkan negara Indonesia menjadi lebih baik. Kepala Madrasah juga menghimbau kepada pendidik untuk terus semangat berjuang dalam melahirkan penerus bangsa yang karena pendidik adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Upacara 17 Agustus di Man 8 Jakarta Timur mengambil konsep pakaian adat untuk para pendidik dan tenaga kependidikan, mulai dari adat betawi, Jawa dan lain-lain, dengan pesan agar peserta didik dapat mengambil nilai Bhineka Tunggal Ika.