Pembelajaran Matematika yang menyenangkan

SHARE

Sudah menjadi anggapan umum bahwa salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh peserta didik adalah matematika. Objek kajian yang bersifat abstrak seringkali menyulitkan peserta didik dalam memvisualisasikan objek tersebut. Akibatnya motivasi belajar matematika peserta didik tergolong rendah. Hal ini juga berdampak pada hasil belajar matematika peserta didik yang rendah. Tujuan dari artikel ini adalah untuk memberikan alternatif pembelajaran kepada pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar matematika peserta didik yaitu dengan menggunakan Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan LKPD dan Aplikasi Kahoot. Dengan meningkatnya motivasi belajar peserta didik diharapkan hasil belajar matematika peserta didik juga akan meningkat. Berdasarkan observasi di lapangan dan jurnal refleksi, peserta didik lebih termotivasi dengan model pembelajaran ini dibandingkan dengan metode ceramah sebab peserta didik benar-benar terlibat dalam pembelajaran. Tulisan ini hadir dengan harapan semoga dapat bermanfaat tidak hanya bagi peserta didik, tetapi juga bagi para pendidik agar selalu semangat menciptakan pembelajaran inovatif dan menyenangkan di kelas.

Artikel NHT_Dian Fatmawati : *https://drive.google.com/file/d/1Ia282BUTyNq0aOkJ9rZ0JcnV1USRWNIw/view?usp=sharing*