Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun Pelajaran 2023/2024

SHARE

Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau disebut ANBK adalah suatu progam yang dirancang untuk menilai mutu setiap satuan pendidikan seperti Sekolah, Madrasah atau kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Jadwal pelaksaan ANBK dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia sesuai dengan jenjang pendidikanya, serta semua sekolah harus memiliki kesiapan dalam sarana dan prasarana yang mendukung. Pelaksanaan ANBK memiliki Prosedur Operasional Standar yang ditetapkan oleh Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan.

Madrasah Aliyah Negeri 8 Jakarta Timur yang juga bagian dari satuan pendidikan Madrasah melakukan ANBK setaiap tahunya dan saat ini dilaksanakan pada tanggal 28 dan 29 Agustus 2023. Kegiatan ANBK di MAN 8 Jakarta Timur dilakukan dengan persiapan dan pengawasan yang ketat, dibuktikan dengan keikutsertaan Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha, Wakil Kepala Bidang Akademik, Kesiswaan, Humas, Sarana Prasarana serta pendidik yang telah di tentukan.

Pelaksanaan ANBK di MAN 8 Jakarta Timur diikuti oleh 45 peserta didik dan 5 orang cadangan. Kegiatan dihari pertama pada 28 Agustus 2023 adalah asesmen mengenai literasi dan survei karakter . Kemudian untuk hari selanjutnya asesmen yang dilakukan adalah numerasi dan survei lingkungan hidup. Kegiatan ANBK ini hasil output nya adalah rapor madrasah yang memberikan informasi tentang hasil evaluasi Asesmen Nasional dan sumber data lainya, sehingga satuan pendidikan dan pemerintah daerah dapat membuat perencanaan kebijakan dalam progam pendidikan secara lebih terarah dan sistematis, untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan yang bekualitas.