P5-PPRA : KEARIFAN LOKAL KAMPUNG NAGA TASIKMALAYA

SHARE

Jum’at (19/1), MAN 8 Jakarta melaksanakan Outing Class yang diikuti oleh siswa-siswi kelas 10 MAN 8 Jakarta. Kegiatan ini merupakan bagian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5-PPRA).

Peserta yang mengikuti Outing Class ini di antaranya ialah 245 siswa kelas 10 dan didampingi oleh 21 guru pendamping. Beberapa lokasi yang menjadi tujuan kegiatan Outing Class ini yakni, Kampung Naga Tasikmalaya dan Masjid al-jabbar Bandung, Jawa Barat.

Pada kegiatan ini, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengkaji keadaan sebuah desa atau tempat yang mereka kunjungi. Hasil kajian tersebut nantinya dibuat dalam bentuk laporan dan akan diujikan oleh para guru penguji.

Bus rombongan siswa-siswi MAN 8 Jakarta berangkat pada pukul 05.30 dan tiba pada pukul 11.00. Kegiatan dimulai dengan riset bersama kelompok masing-masing. Dilanjut dengan wawancara kepada narasumber yang berakhir pada pukul 17.00. Kemudian peserta didik dipersilakan untuk menuju ke hotel untuk istirahat.

Pada hari kedua, agenda kegiatan dimulai dengan mengunjungi Darajat Pas hingga pukul 11.00, lalu dilanjutkan dengan makan siang di rumah makan Joglo Abah dan diakhiri dengan mengunjungi masjid Al-Jabbar. Hari terakhir ditutup dengan kegiatan fungames di Hotel, lalu free time.

Tujuan diadakannya kegiatan ini agar siswa dan siswi memperkenalkan dan melestarikan nilai masyarakat sebuah desa.