IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MELALUI KEGIATAN PEMENTASAN KARYA

SHARE

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 8 Jakarta Timur, mengadakan kegiatan pementasan karya seni dan festival makanan tradisional sebagai wujud implementasi kurikulum merdeka. Tema yang diusung pada tahun ini adalah “Bhinneka tunggal Ika,” pada kelas X, Sedangkan pada kelas XI “bangunlah jiwa dan raga.”

Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari, pada tanggal 11-12 Juni 2024. Dilaksanakan di Auditorium Bani Syekh Hasanuddin, MAN 8 Jakarta. Penanggung jawab (PJ) pada kegiatan ini ada 2, yaitu Bapak Rivaldi sebagai PJ Kelas X, serta Ibu Anggi sebagai PJ kelas XI. Dengan adanya kegiatan pameran seni ini diharapkan dapat membantu siswa lebih mengenal budaya lokal dan membangun kerjasama serta keharmonisan antarsiswa dalam kelompok.

Dalam kegiatan ini kelas XI, menampilkan drama musikal dengan tema ‘Bullying.’ Menurut Nayla Shafa, “Diperlukan waktu lebih dari satu bulan lamanya untuk menyiapkan drama musikal. Mulai dari penyiapan properti, sampai latihan gestur tubuh dan mimik wajah pemain.” Sedangkan pada kelas X, mereka menampilkan tarian daerah, hasil miniatur rumah adat, serta festival makanan tradisional.

 

Jurnalistik Mandela