HARI BATIK NASIONAL : RAYAKAN WARISAN BUDAYA INDONESIA

SHARE

Setiap tanggal 2 Oktober, diperingati sebagai hari batik nasional. Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO. Batik tentu saja dapat meningkatkan citra positif dan martabat Bangsa Indonesia di Forum Internasional serta menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan Indonesia. Dalam keseniannya batik memiliki pola yang cukup khas dan unik. Serta dijadikan sebagai simbolis dan budaya yang dianggap sangat melekat dengan kebudayaan Indonesia.

Dalam rangka meningkatkan kesadaran generasi muda terhadap upaya menjaga dan mengembangkan batik Indonesia Man 8 Jakarta ikut serta memeriahkannya dengan mengadakan apel pagi dan menghimbau seluruh warga sekolah untuk mengenakan batik bebas ke sekolah.

“Melalui edukasi, dimasukkan ke dalam kurikulum bagaimana cara membuat batik, melalui sosialisasi melalui medsos dan media lainnya, pemakaian batik secara nasional. Melalui sebuah perlombaan.” Ujar Endang sofyan, selaku guru MAN 8 Jakarta. Dengan berperan aktif di dalam kegiatan kita dapat terus melestarikan serta membanggakan sebuah karya seni batik dengan identitas budaya Indonesia.

Dr. H. Makhrus, MPd.I, selaku Kepala Madrasah Aliyah Negeri 8 Jakarta juga mengharapkan para siswa siswi MAN 8 Jakarta ikut ambil peran nyata dalam melestarikan batik, "Kita nanti akan coba merapatkan, membahas bersama-sama dengan para wakil, kalau bisa upayakan dalam satu minggu itu nanti ada satu hari kita menggunakan batik bebas." Ujarnya.